Prosedur Pendaftaran :

  1. Membayar uang pendaftaran Rp. 750.000, dapat dibayarkan di Bank BNI seluruh Indonesia, kemudian mendapatkan password untuk mengisi formulir pendaftaran melalui website.
  2. Setelah mendapatkan password dari Bank BNI, Anda harus mengisi formulir pendaftaran melalui website www.um.ugm.ac.id.
  3. Setelah formulir diisi lengkap dicetak dan di pasang foto dipojok kanan atas dan tanda tangan di ujung kiri bawah. Dan di perbanyak sesuai yang di butuhkan.
  4. Setelah semua syarat dikumpulkan segera diserahkan ke kantor DAA (Direktorat Administrasi Akademik) UGM dgn alamat : Administrasi Program Pascasarjana   Direktorat Administrasi Akademik (DAA) UGM 

             Jl. Pancasila,Bulaksumur, Yogyakarta 55281

  1. Mengikuti ujian AcCEPT dan PAPs pada waktu dan lokasi yang telah dipilih saat pengisian formulir pendaftaran.

Syarat Pendaftar Program Magister (S2):

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;

2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S1 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

a. ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

b. ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

c. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang masih berlaku;

b. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;

c. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMENRISTEKDIKTI sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi akademik:

Jenis Skor Minimal
PAPs UGM 450
TPDA PLTI 450
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS* 450

*) Khusus semester Gasal TA 2019/2020 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal
AcEPT UGM 149
TOEP PLTI 27
International English Testing System (IELTS)* 4.0
Internet-Based (iBT) TOEFL* 30
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL* 400

*) Khusus semester Gasal TA 2019/2020 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;

7. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah;

8. Syarat khusus:

a. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh melalui laman um.ugm.ac.id);

9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh melalui laman um.ugm.ac.id);

10. Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);

 

Biaya Kuliah Program S2

Biaya Kuliah           : Rp 12.000.000,- per semester

Biaya Pendaftaran : Rp 500.000,-

 

 

Syarat Pendaftar Program Doktor (S3):

1. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya (S1 & S2 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;

2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada jenjang S2 atau setara, dengan kriteria sebagai berikut:

a. ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;

b. ≥ 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;

c. ≥ 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C

3. Sertifikat akreditasi program studi pada jenjang S2 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang masih berlaku;

b. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;

        c. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMENRISTEKDIKTI sebagai pengganti sertifikat akreditasi.

*)Panitia hanya memproses dokumen akreditasi yang sesuai dengan ketentuan.

4. Sertifikat hasil tes potensi akademik yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi akademik:

Jenis Skor Minimal
PAPs UGM 500
TPDA PLTI 500
Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS* 500

*) Khusus semester Gasal TA 2019/2020 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Jenis Skor Minimal
AcEPT UGM 209
TOEP PLTI 40
International English Testing System (IELTS)* 5.0
Internet-Based (iBT) TOEFL* 45
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL* 450

*) Khusus semester Gasal TA 2019/2020 (masa transisi), pendaftar yang telah mempunyai sertifikat tersebut dapat menggunakannya untuk mendaftar.

6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;

7. Surat keterangan sehat dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, atau Klinik negeri/swasta) yang memiliki izin dari Pemerintah;

8. Syarat khusus:

a. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh melalui laman um.ugm.ac.id);

     b. Statement of Interest (topik yang akan diteliti beserta metode penelitian) sebanyak 5-10 halaman, dibuat rangkap 5.

c. CV lengkap (dengan pengalaman kerja)

9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh melalui laman um.ugm.ac.id);

10. Dokumen MoU atau Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);

 

Biaya Kuliah Program S3

Biaya pendaftaran  : Rp. 750.000

Biaya kuliah             : Rp 20.000.000,- per semester (semester 1-8) ; Rp 16.000.000 per semester (semester 9 dan seterusnya)

× Admission