Internasional

1. Deutsche Gesselschaft fur Internationale Zussammenarbeit (GIZ) GmbH

GIZ adalah perusahaan internasional milik pemerintah federal Jerman yang beroperasi di berbagai bidang di lebih dari 130 negara. GIZ umumnya bekerja sama dengan pemerintah negara, lembaga negara, dan sektor swasta. GIZ beroperasi atas dasar kemaslahatan umum demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan.

Semua surplus yang dihasilkan GIZ disalurkan kembali ke proyek-proyek kerja sama internasional pembangunan berkelanjutan.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: (1) Analisis Kelembagaan, Organisasi dan Diklat di Provinsi Kalimantan Timur, tahun 2008; (2) Pemetaan tentang Problematika dan Kendala dalam Penerapan Standar Pelayanan Minimal (bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri), Agustus 2012-Februari 2013.

 

2. Asian Development Bank (ADB)

ADB  adalah sebuah institusi finansial pembangunan multilateral didedikasikan untuk mengurangi kemiskinan di Asia dan Pasifik. Bank ini didirikan pada 1966 dengan 31 negara anggota dan kini telah berkembang menjadi 63 negara.

Kantor pusatnya terletak di 6 ADB Avenue, Kota Mandaluyong, Metro Manila, Filipina, dengan kantor representatif yang tersebar di seluruh dunia.

 

3. Japan International Cooperation Agency (JICA)

JICA adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Lembaga ini berada di bawah kekuasan Departemen Luar Negeri dan didirikan pada Agustus 1974. Lembaga ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama internasional antara Jepang dengan negara-negara lain.Pada 1 Oktober 2003 lembaga ini dijadikan sebuah institusi administrasi yang mandiri.

JICA menolong pengembangan pemerintah dengan memberikan bantuan teknis dan dana yang tidak mengikat. Tujuan JICA adalah membangun daya manusia di negara berkembang atau memperkuat organisasi-organisasi, membantu dalam kebijaksanaan pembangunan negara berkembang, dan melakukan penelitian untuk rencana dasar atau kemungkinan pelakusanaan operasi pembanganan.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: (1) Penyusunan agenda reformasi birokrasi yakni Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Kebijakan Rightsizing di Indonesia, tahun 2004; (2) Asian Leadership and Management Development in 7 ASEAN Countries, tahun 2013-2015.

 

4. United Nations Development Programme (UNDP)

UNDP atau atau Badan Program Pembangunan PBB adalah organisasi multilateral yang paling besar memberi bantuan teknis dan pembangunan di dunia, didirikan pada tahun 1965. UNDP Berpusat di New York City dan merupakan organisasi terbesar dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Organisasi ini yang dibiayai oleh donor. Donor-donor ini biasanya membantu menyediakan ahli dan penasihat, pelatihan, dan perlengkapan pembangunan untuk negara berkembang, dengan menambah pemberian bantuan untuk negara berkembang.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: (1) Analisis Problematika UU No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, tahun 2007; (2) Pembagian Urusan antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten, tahun 2012.

 

5. Australian Agency for International Development (AusAID)

AusAID dulunya merupakan lembaga Pemerintah Australia yang bertanggung jawab untuk mengelola program bantuan luar negeri Australia. Tanggal 31 Oktober 2013, AusAID tidak lagi menjadi agen eksekutif dan diintegrasikan ke dalam Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (Department of Foreign Affairs and Trade/DFAT). Tujuan dari program bantuan ini adalah membantu negara-negara berkembang untuk mengurangi kemiskinan dan mencapai pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan kepentingan nasional Australia. AusAID memberikan nasihat dan dukungan kepada Menteri Luar Negeri dalam hal kebijakan pembangunan serta kegiatan penanggulangan kemiskinan terencana dan terkoordinasi dalam kemitraan dengan negara-negara berkembang. Kantor pusat AusAID berada di Canberra, dengan perwakilan di 25 misi diplomatik Australia di luar negeri.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: (1) Knowledge to Policy (di bawah koordinasi University of Canberra), tahun 2012; (2) Pengembangan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan (di bawah koordinasi Knowledge Sector Initiatives), tahun 2015.

 

6. United States Agency for Internasional Development (USAID)

USAID adalah badan independendari pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas bantuan untuk bidang ekonomi, pembangunan, dan kemanusiaan untuk negara-negara lain didunia dalam mendukung tujuan-tujuan kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Dalam mendukung proses desentralisasi daerah di Indonesia, program-program USAID antara lain mendukung perbaikan jasa pelayanan lokal dan perencanaan budgeting pada sektor-sektor penanganan dan pengolahan sumber daya alam dan kesehatan.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: (1) Sosialisasi Beasiswa dan Rekrutmen Calon Penerima Beasiswa Prestasi untuk Program Master di Amerika Serikat; (2) Diklat dan Pendampingan Regulatory Impact Analysis, kerja sama dengan Kementerian Kelautan

7. University of Agder, Norway

University of Agder adalah salah satu dari tujuh perguruan tinggi negeri di Norwegia. Kampusnya terletak di Kristiansand dan Grimstad, didirikan pada tahun 1994 sebagai university college dengan menggabungkan 6 fakultas. Statusnya sebagai perguruan tinggi diperoleh pada tahun 2007, namun kegiatan akademiknya sendiri sudah dimulai lama, sejak tahun 1839.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: (1) Transparansi Pemerintah Daerah di Bidang Penganggaran, Pembuatan Kebijakan dan Pengadaan Barang dan Jasa, tahun 2006-2007; (2) Studi Persiapan Pelaksanaan REDD Plus di Indonesia, tahun 2008-2009; (3) Visiting Undergraduate and Master Students for Doing Research in Indonesia, tahun 2008-sekarang; (4) In Search of Balance Project, tahun 2013-2017.

8.     Deutsche Universität für Verwaltungswissenschaften Speyer (German University of Administrative Science Speyer)

German University of Administrative Sciences Speyer dulu dikenal sebagai German School of Administrative Sciences), adalah sekolah pascasarjana di bidang manajemen publik dan ilmu administrasi. Terletak di SpeyerRhineland-PalatinateGermany. Didirikan pada tahun 1947 oleh pemerintah pendudukan Perancis, kini beroperasi di bawah tanggung jawab bersama Republik Federal (Bund) dan 16 negara bagian Jerman (Länder). Memiliki program magister, doktoral, postgraduate certificate , dan administers programs of executive education.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah: Kunjungan Profesor untuk memberikan kuliah.

9.     Deutsches Forschungcsintitut fur Offentliche Verwaltung Speyer (German Research Institute for Public Administration/GRIP, Speyer)

German Research Institute for Public Administration adalah lembaga riset non-universitas yang berlokasi di Speyer, Rhineland-PalatinateJerman. Didirikan pada tahun 1976 sebagai organisasi independen di bawah yurisdiksi Minister-President of Rhineland-Palatinate. Terintegrasi secara luas dan menjalin kemitraan strategi dengan German University of Administrative Sciences Speyer. Sebagai institusi dengan kepentingan nasional, lembaga ini menjadi bagian dari Gottfried Wilhelm Leibniz Scientific Community dan dibiayai oleh Republik Federal serta 16 negara bagian Jerman.

10.  Ritsumeikan University

Universitas Ritsumeikan adalah universitas swasta di Kyoto, Jepang. Selain kampus utama yang dinamakan Kampus Kinugasa, universitas ini juga memiliki beberapa kampus cabang seperti Kampus Biwako-Kusatsu (BKC) di KusatsuPrefektur Shiga, dan Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) di BeppuPrefektur Oita yang merupakan kampus internasional.

Kerja sama yang dilakukan dengan MAP UGM adalah pelaksanaan Master Linkage Program dengan institusi pascasarjana di Universitas Ritsumeikan, yaitu Graduate School of International Relations (GSIR) dan Graduate School of Policy Science (GSPS), dimulai tahun 2015.

11.  National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS)

GRIPS adalah institusi ilmu kebijakan di Jepang yang telah menghasilkan sejumlah pembuat kebijakan di berbagai negara. GRIPS telah menjalin kolaborasi yang baik dengan lembaga-lembaga terkait di Indonesia, misalnya Kementeian Pendayagunaan Aparatur Negara, Lembaga Administrasi Negara, Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri, dan MAP UGM sendiri. Kolaborasi ini berkisar di sekitar isu knowledge management, dan inovasi pemerintah lokal dan nasional.

Kerja sama yang telah dilakukan dengan MAP UGM adalah (1) Kolaborasi Peneliti MAP UGM dengan GRIPS untuk “Asian Leadership and Management Development in Asian Countries”; (2) Pelaksanaan Master Linkage Program, dimulai tahun 2015.

12.  Graduate School of International Cooperation Studies Kobe University (GSICS-KU)

 GSICS-KU adalah sekolah pascasarjana di Universitas Kobe, untuk program ilmu kerja sama internasional. Di dalamnya terdapat topik-topik yang berkaitan dengan kebijakan publik. GSICS-KU telah bekerja sama dengan Jurusan Hubungan International UGM, dan telah berpengalaman dalam memberikan kelas internasional untuk topik perdagangan internasional dan global governance.

Kerja sama yang telah dilakukan dengan MAP-UGM adalah pelaksanaan Master Linkage Program, dimulai tahun 2015.

13.  National University of Singapore (NUS)

NUS terletak di Kent Ridge, barat daya SingapuraUniversitas ini memiliki kampus seluas 1,5 km² dan merupakan universitas terbesar di Singapura berdasarkan jumlah mahasiswa dan program yang ditawarkan. Pada tahun 2000, majalah AsiaWeek (kini tidak terbit lagi) menobatkan NUS sebagai salah satu universitas terbaik di Asia.

Kerja sama yang pernah dilakukan dengan MAP UGM adalah kolaborasi peneliti MAP UGM dengan peneliti di empat negara ASEAN (Singapore, Malaysia, Philippines, Vietnam) dalam topik Governance and Management in 5 ASEAN Countries, tahun 2012-2015.

14.  University of Melbourne (UniMelb)

UniMelb terletak di Melbourne, Victoria (Australia). Merupakan universitas tertua kedua di Australia, dan tertua di Victoria. Kampus utamanya terletak di Parkville, sebelah utara dari pusat kota Melbourne. University of Melbourne memegang peringkat atas di dalam peringkat universitas Australia dan dunia. Di dalam bidang ilmu-ilmu sosialilmu budaya dan biomedis, universitas ini memiliki pamor yang tinggi.

Kerja sama yang dilakukan dengan MAP UGM adalah (1) Kerja sama peneliti MAP UGM untuk Workshop on Social Policy in Indonesia, tahun 2014; (2) Kerja sama Pengembangan Jabatan Fungsional Analis Kebijakan, 2015; (3) Kerja sama Training of Trainer di Melbourne, April 2015.

15.  Australian National University (ANU)

 ANU adalah sebuah universitas yang terletak di Canberra, ibukota Australia. Salah satu universitas terbaik di Australia, ANU diberi peringkat ke-23 dari 200 universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education Supplement. Selain itu dalam tangga yang sama, ANU juga menduduki peringkat 10 untuk kesenian dan ilmu kemanusiaan (humanities).

Saat ini ANU dan MAP UGM tengah melakukan pengembangan Master Linkage Program di kedua universitas.




Syawalan Keluarga Besar MKP FISIPOL UGM
Syawalan Keluarga Besar MKP FISIPOL UGM
Syawalan Keluarga Besar MKP FISIPOL UGM
Syawalan Keluarga Besar MKP FISIPOL UGM
International Conference DDY-OCAPA
Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Genap T.A. 2016/2017
Workshop Pembangunan Pariwisata Kota Palangka Raya
AKREDITASI JKAP (JURNAL KEBIJAKAN DAN ADMINISTRASI PUBLIK
Kerja Sama Internasional PTN Badan Hukum
Nantikan bedah buku "INDONESIA BERGERAK 2: MOZAIK KEBIJAKAN PUBLIK DI INDONESIA"