INDUSTRIALISASI DAN FANATISME SUPORTER DALAM SEPAK BOLA

Duka kembali hadir dalam dunia sepak bola Indonesia. Seorang pendukung Klub Persija Jakarta, Haringga Sirla (23) tewas dikeroyok menjelang pertandingan Klub Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat pada Minggu (23/9/2018). Haringga Sirla tercatat sebagai korban tewas ketujuh dalam aksi kekerasan yang mewarnai pertandingan sepak bola antara Persib melawan Persija sejak tahun 2012. Sementara sejak kepemimpinan Edy Rahmayadi, sebanyak 22 Suporter meninggal dipersekusi saat mendukung tim kebanggaannya. Peristiwa kekerasan yang terus berulang, menjadi tanda tanya besar terhadap upaya penyelesaian kasus tersebut.

Profit yang begitu menjanjikan dari sekian puluh ribu massa fanatik menjadi alasan utama pentingnya kehadiran penonton dalam setiap pertandingan sehingga tidak pernah ada sanksi tegas. Sepak Bola tidak hanya telah menjadi industri, namun juga sebagai alat politik bagi para Oligarki untuk mendapatkan dukungan massa secara luas. Fanatisme Suporter di satu sisi dirawat untuk kepentingan akumuladi kapital dan tujuan politis tertentu. Industrialisasi yang terjadi dalam dunia sepak bola justru menghilangkan esensi sejati yang seharusnya mengajarkan sportivitas dan nilai kemanusiaan.

Maka dari itu, perlu kita cari tau sejak kapan industrualisai sepakbola muncul? Kondisi struktural apa yang mempengaruhi hal itu? Apakah fanatisme suporter merupakan sesuatu yang hakiki saat kemunculan olahraga sepakbola? Apa yang mempengaruhi kecenderungan muncunya fanatisme suporter? Apa implikasinya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, mari hadiri diskusi MAP Corner-Klub MKP pada Selasa, 02 Oktober 2018 pukul 15.00 WIB dengan tema “Industrialisasi & Fanatisme Suporter dalam Sepak Bola”. Diskusi tersebut akan dipantik oleh

1. Fajar Junaedi (Dosen Ilmu Komunikasi UMY & Penulis Buki “Merayakan Sepak Bola: Fans, Identitas & Media”

Mari merapat! Gratis untuk umum dan nikmati jajanan sore!
__________
Website: https://mapcorner.wg.ugm.ac.id/
Email: mapcornerklubmkp.fisipol@ugm.ac.id
Facebook: MAPCorner-KlubMKP
Instagram: mapcornerklubmkp
Youtube: MAP Corner
Line: @kbw7372v

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pelatihan MAP