FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) ANALISIS STANDAR BELANJA (ASB) KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

Anggaran daerah dalam konteks otonomi dan desentralisasi menduduki posisi yang sangat penting. Namun, saat ini kualitas perencanaan anggaran daerah yang digunakan masih relatif lemah. Proses perencanaan anggaran daerah dengan paradigma lama cenderung lebih dominan. Lemahnya perencanaan anggaran juga diikuti dengan ketidakmampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan daerah secara berkesinambungan. Sementara di pihak lain pengeluaran terus meningkat secara dinamis, tetapi tidak disertai dengan penentuan skala prioritas dan besarnya plafon anggaran. Keadaan tersebut pada akhirnya memunculkan kemungkinan underfinancing atau overfinancing, yang semuanya mempengaruhi tingkat efisiensi dan efektivitas unit-unit kerja pemerintah daerah.

Untuk menghindari permasalahan yang timbul di atas dan agar pengeluaran anggaran daerah berdasarkan pada kewajaran ekonomi, efisien dan efektif, maka anggaran daerah harus disusun berdasarkan kinerja yang akan dicapai oleh daerah. Dengan menggunakan anggaran kinerja tersebut, maka anggaran daerah akan lebih transparan, adil, dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu instrumen yang diperlukan untuk menyusun anggaran daerah dengan pendekatan kinerja adalah Analisis Standar Belanja (ASB). ASB adalah standar yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap progran atau kegiatan yang akan dilaksanakan oleh satuan kerja dalam satu tahun anggaran.

Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Manggarai timur melakukan kegiatan penyusunan Dokumen Analisis Standar Belanja (ASB) Kabupaten Manggarai Timur. Salah satu tahapan yang dilakukan adalah Focus Group Discussion (FGD) guna mendapatkan masukan dari seluruh perangkat daerah Kabupaten Manggarai Timur terhadap hasil penyetaraan kegiatan atau ekualisasi. FGD dilakukan pada tanggal 8 Juli 2020 yang diikuti oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur dengan fasilitator dari tim Tenaga Ahli MAP FISIPOL UGM.

Leave A Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.