Buku Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif Raih Anugerah Buku (Pustaka) Terbaik 2020

Belum lama ini, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyelenggarakan acara tahunan bertajuk Anugerah Buku (Pustaka) Terbaik 2020 dengan peserta terbatas dan disiarkan pula secara live streaming di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta, pada Selasa (17/11/2020). Dalam kesempatan tersebut, Perpusnas mengumumkan enam buku terbaik dari beragam tema, yaitu Kewirausahaan, Kopi, Pelayanan Publik, Pendidikan Anak Usia Dini, Arsitektur, dan Kerajinan Tangan. Dari keenam tema tersebut, salah satu yang terpilih adalah buku terbitan UGM Press berjudul Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif karya Prof. Agus Dwiyanto (Alm.). Buku tersebut berhasil masuk dalam kriteria buku Kategori Pelayanan Publik Terbaik Pertama.

Citra Sekarjati, putri Almarhum Prof. Agus Dwiyanto, mewakili keluarga menghaturkan terima kasih atas apresiasi dari Perpusnas dan pihak-pihak yang terkait dalam acara Anugerah Buku Terbaik 2020 ini. “Buku Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif merupakan buku edisi kedua setelah kurang lebih satu tahun buku edisi pertama diterbitkan. Gagasan yang disampaikan dalam buku ini memperoleh sambutan yang baik dari para mahasiswa, pemerhati, dan pakar pelayanan publik. Buku ini ditulis dengan mengambil contoh kasus yang terjadi di Indonesia dan mengupas masalah-masalah yang dihadapi manajerial di sektor publik dan praktisi kebijakan publik. Hal tersebut menjadikan buku ini sebagai salah satu dari sedikit sumber referensi untuk memahami berbagai persoalan manajemen pelayanan publik di Indonesia,” ujar Sekar saat menerima penghargaan.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, dalam sambutannya mengapresiasi para penulis yang terlibat dalam penganugerahan ini. Beliau menyatakan bahwa para penulis akan selalu dikenal namanya, melintasi zaman. “Jadi, sungguh berbahagia bagi Anda semua yang telah menulis. Meski seribu tahun Anda telah tiada, Anda akan dikenang melalui buku yang Anda tinggalkan,” jelasnya.

Kesan membahagiakan juga ditunjukkan oleh Kepala Badan Penerbit dan Publikasi (BPP) UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D. dan Manajer UGM Press, Dr. I Wayan Mustika. “Buku ini diharapkan dapat mengisi kekosongan referensi dalam dunia pelayanan publik. Selain menjadi sumber bacaan bagi para mahasiswa dan praktisi manajemen dan kebijakan publik, buku ini juga layak dinikmati oleh masyarakat umum,” ujar Widodo, M.Sc., Ph.D.

“Penghargaan dan apresiasi Anugerah Buku (Pustaka) dari Perpustakaan Nasional ini, tentunya menambah semangat UGM Press untuk terus menghasilkan buku-buku berkualitas dan bermanfaat bagi seluruh pembaca di Indonesia,” lanjut Dr. I Wayan Mustika. (Irwan/UGM Press)

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pelatihan MAP