PPD-RPJMD XI Tahun 2021, Komitmen Bappenas RI dan UGM Meningkatkan Kapasitas Perencana Daerah

PPD-RPJMD XI Tahun 2021, Komitmen Bappenas RI dan UGM

Meningkatkan Kapasitas Perencana Daerah

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional melalui Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pubindiklatren) kembali berkolaborasi dengan Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam menyelenggarakan Diklat Jabatan Fungsional Perencana (JFP) Pertama di tahun 2021. Acara ini dibuka oleh Dr. Guspika selaku Kepala Pusbindiklatren Bappenas RI pada Rabu, 13 September 2021.

Diklat ini  terbatas hanya untuk 20 orang per kelas, dan diselenggarkan selama 7 minggu, dari tanggal 13 September – 30 Oktober 2021. Peserta Diklat JFP Pertama 2021 Angkatan XXVII berasal dari kabupaten, kota, dan kementerian, yaitu Pemerintah Kabupaten Purworejo, Pemerintah Kabupaten Temanggung, Pemerintah Kabupaten Madiun, Pemerintah Kota Blitar, Pemerintah Kota Banjarbaru, dan Kementerian Agama.

Di tengah pandemi COVID-19, Diklat JFP Pertama 2021 diselenggarakan dengan metode Distance Learning sebagai komitmen Agility MAP Fisipol UGM dalam menghadapi era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity) pada bidang pendidikan dan pelatihan. Menurut peserta, Diklat ini dikemas sangat baik walaupun diaksanakan secara online.

“Diklat yang seru, pengajarnya berpengalaman, panitianya well prepared, well organized, and well done” ucap Rina Wulandari, S.T. peserta diklat dari Kabupaten Purworejo.

Untuk menunjang diklat secara optimal, Diklat JFP ini didukung oleh instruktur yang berpengalaman dan berkompeten dalam bidangnya, seperti staf pengajar di lingkungan UGM, Para Pakar di Pusat Studi, Praktisi, Tokoh Masyarakat, dan Pimpinan Daerah.

“Pelatihan yang menyenangkan, meski banyak alasan untuk mengeluh tapi lunas dengan materi yang membuka pikiran, jadi punya cara pandang baru sebagai perencana, penyampaian materinya juga nendang” ujar Masyitoh Farah Laila, S.H peserta di Kabupaten Temanggung. Peserta merasa diklat ini sangat insightfull untuk fungsional perencana dengan berbagai materi yang terangkum dalam kurikulum Diklat JFP Pertama 2021.

Kuriklum diklat JFP Pertama 2021 memuat bidang kompetensi teknis perencanaan, bidang kompetensi spesifik ekonomi,  bidang kompetensi spesifik sosial dan bidang kompetensi spesifik spasial. Selain itu, daya analisis peserta diperkuat dengan adanya studi kasus, latihan perencanaan, keterampilan penjunjang, topik khusus, dan diakhiri dengan uji kompetensi.

Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas Jabatan Fungsional Perencana secara profesional.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.